Kamis, 02 April 2015

Flashdisk Jadi "Kunci" Akun Google

// // Leave a Comment
KOMPAS.com - Google memperkenalkan metode keamanan terbarunya. Selainpassword dan otentikasi dua tahap, kini Google memperkenalkan perangkat USB flashdisk sebagai "kunci" untuk semua layanan online-nya.

Flashdisk yang diperkenalkan oleh Google tersebut ditujukan untuk memberikan perlindungan lebih bagi akun-akun layanan Google yang tingkat keamanannya sensitif.

Metode tersebut, dikutip KompasTekno dari Digital Trends (21/10/2014), disebut Security Key. Teknologi itu menggunakan protokol Universal 2nd Factor (U2F) buatan FIDO Alliance.

Flashdisk yang akan dipakai harus dipasangkan terlebih dahulu dengan akun Google. Setelah itu, tiap kali pengguna login, flashdisk tersebut juga harus ditancapkan di komputer/laptop melalui port USB. 

Menurut Google, keunggulan proteksi itu adalah pengguna bisa menghindari phishing danscam, atau penipuan dan pencurian data. Karena, Security Key hanya akan bekerja dengan situs Google yang asli, bukan situs imitasi yang didesain untuk menipu penggunanya.

"Saat Anda masuk ke akun Google dengan menggunakan Chrome dan Security Key, maka Anda bisa yakin bahwa identitas kriptografik di dalamnya tidak bisa ditipu," terang juru bicara Google, Nishit Shah.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang metode Security Key, Google telah menjelaskannya di blog resmi perusahaan. Anda bisa membacanya melalui tautan berikut ini.

0 komentar:

Posting Komentar