Minggu, 05 April 2015

Smartphone OS Ubuntu Akhirnya Terwujud

// // Leave a Comment
KOMPAS.com - Canonical akhirnya merilis smartphone pertama buatannya yang menggunakan sistem operasi Ubuntu. Perusahaan piranti lunak open source tersebut mewujudkannya lewat kerjasama dengan Meizu dan BQ.

Baik Meizu atau BQ, keduanya sama-sama berpengalaman sebagai pembuat gadget. Meizu berasal dari China, sementara BQ berasal dari Spanyol. 

Rencana Canonical membuat smarthone Ubuntu bersama kedua produsen gadgettersebut terdengar sejak setahun silam, namun baru terwujud saat ini.

Seperti dikutip KompasTekno dari Engadget, Senin (9/2/2015), smartphone bersistem operasi Ubuntu tersebut diberi nama Aquaris E 4.5 dan sementara ini diluncurkan untuk pasar Eropa terlebih dahulu.

BQ sendiri sebenarnya sudah pernah mengeluarkan smartphone bernama Aquaris E 4.5. Bedanya adalah Aquaris E 4.5 orisinil mengadopsi sistem operasi Android, sementara edisi terbarunya ini menggunakan sistem operasi Ubuntu.

Spesifikasinya termasuk kategori menengah dengan dapur pacu berupa prosesor MediaTek quad core 1,3 GHz serta RAM 1 GB. Memori internal yang disematkan di dalamnya pun hanya berkapasitas 8 GB.

Untuk layarnya, BQ menggunakan panel IPS 4,5 inci yang memiliki ketajaman 540 x 960 piksel. Pengguna yang suka memotret juga mendapatkan "senjata" berupa kamera depan berketajaman 5 megapiksel serta kamera utama setajam 8 megapiksel.

Ubuntu

Nama Ubuntu berasal dari ungkapan filosofis Afrika Selatan yang berarti kemanusiaan terhadap orang lain. Ubuntu selama ini dikenal sebagai sistem operasi open-source yang dibuat oleh Canonincal untuk komputer desktop.

Dalam perkembangannya, Canonical memutuskan untuk membuat sistem operasi tersebut dalam versi mobile. Hasilnya adalah Ubuntu Phone yang kini digunakan pada smartphone BQ Aquaris E 4.5.

Meski saat ini mereka hanya hadir di pasar Eropa, Canonical tetap yakin sistem operasi tersebut akan tumbuh berpengaruh di dunia. "Kami akan menuju pasar. Tapi ini merupakan proses bertahap dan penuh pertimbangan. Langkah ini adalah tindakan yang kami lalukan dengan telaten sepanjang waktu," terang Vice President of Mobile Canonical Cristian Parrino.

0 komentar:

Posting Komentar