Kamis, 02 April 2015

Project Katalis: Dukung Gerakan Hijau secara Digital

// // Leave a Comment
KOMPAS.com - Project Katalis adalah sebuah platform untuk mempertemukan dan mendorong kolaborasi antara para pegiat gerakan sosial (social movement) dengan para developer aplikasi untuk menciptakan solusi teknologi yang bertujuan mendukung gerakan tersebut memiliki dampak yang lebih besar. 

Program ini mengambil semangat Sumpah Pemuda yang bertujuan untuk mempersatukan pemuda untuk bergerak menuju Indonesia lebih baik.

Sudah tidak asing lagi bahwa masalah lingkungan sudah menjadi masalah klasik di Indonesia, khususnya di kota-kota besar. Sampah, krisis air bersih, boros energi sampai polusi terjadi dimana-mana. 

Dari masalah-masalah tersebut, pada tahun 2005 sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Bandung menggagas Greeneration Indonesia (GI). Greeneration Indonesia adalah sebuah wirausaha sosial yang menawarkan gaya hidup ramah lingkungan melalui produk dan program yang dijalankan.

Lihat lebih lanjut di: http://ziliun.com/id/articles/greeneration-indonesia-gaya-hidup-hijau-untuk-semua  

Program-program yang sukses dijalankan GI adalah Kebunku dan MasukRT. Kebunku mengajarkan siswa-siswa sekolah untuk menanam pohon. Sedangkan MasukRT adalah manajemen sampah di kawasan Bandung. 

Selain itu, GI juga mengeluarkan produk yang ramah lingkungan, seperti baGoes. Sebuah tas ramah lingkungan yang bisa menggantikan kantong-kantong plastik yang sulit didaur ulang.

Mengajak orang untuk berperilaku hijau bisa dengan berbagai cara, salah satunya dengan membuat sebuah aplikasi yang bisa mengidentifikasi kebiasaan mana yang baik untuk lingkungan, serta konten dan tips yang bisa mendorong mereka untuk berperilaku hijau secara konsisten.

Sadar lingkungan secara lebih mudah dan nyaman dengan teknologi, kenapa tidak?

Tertarik untuk membantu gerakan-gerakan sosial dalam Project Katalis? Daftarkan diri Anda melalui katalis.ziliun.com.

KompasTekno merupakan rekanan media untuk Project Katalis. Dalam beberapa hari ke depan profil gerakan sosial dalam Project Katalis akan ditampilkan di KompasTekno.

0 komentar:

Posting Komentar